Home » » inilah keindahan alam Green Canyon ala Indonesia (Cukang Taneuh) di Ciamis

inilah keindahan alam Green Canyon ala Indonesia (Cukang Taneuh) di Ciamis

Keindahan Green Canyon Indonesia (Cukang Taneuh) di Ciamis
green+canyon+eritaaa.jpg

Green Canyon Indonesia- Jika di Amerika serikta punya Grand Canyon yang terkenal dengan keindahan alamanya di Indonesia juga ada yang tidak kalah indah dari Grand Canyon, namanya Green Canyon berlokasi di Ciamis. Pemilihan nama Green Canyon yang mirip-mirip dengan Grand Canyon, bisa jadi merupakan penghargaan terhadap keindahan alamnya yang menyerupai Grand Canyon, terlebih lagi kedua tempat tersebut memiliki kesamaan kontur dan sama-sama indah.

Pada awalnya, objek wisata yang eksotis ini bernama Cukang Taneuh yang berarti “jembatan darat“. Itu karena dalam aliran Sungai Cijulang hulu ada jembatan tanah dengan lebar 3 meter dan panjang 40 meter. Jembatan ini menghubungkan Desa Kertayasa dan Desa Batukaras yang dipisahkan oleh tebing tinggi sehingga membentuk sebuah terowongan di atas sungai. Pada tahun 1990, dua turis dari Perancis dan Swiss yang berkunjung ke Cukang Taneuh sangat terpesona dengan keindahan alamnya. Mereka kemudian menyebutnya sebagai Green Canyon.
Kemudian pada tahun 1993, warga negara Perancis mempopulerkan nama itu hingga saat ini.
Yang membedakan hanya jika pemandangan alam Grand Canyon di Amerika didominasi oleh coklat dan merah, Green Canyon di Jawa Barat didominasi oleh warna hijau.

green+canyon.jpg

green+canyon.2.png

GREEN+CANYON+6.jpg

Secara administratif, objek wisata Green Canyon terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Untuk mencapai Green Canyon hanya berjarak sekitar 31 km dari pantai Pangandaran atau kurang lebih 45 menit perjalanan. Sementara jika perjalanan dari ibu kota Ciamis berjarak sekitar 130 km, dan 393 km jika perjalanan dari Jakarta atau sekitar 7-8 jam perjalanan.
Setelah tiba di Dermaga Ciseureuh, Anda harus melanjutkan perjalanan menyusuri Sungai Cijulang menggunakan perahu kecil atau ketinting. Jarak dari dermaga dengan lokasi Green Canyon Indonesia sekitar 3 km dan biasanya ditempuh dalam waktu 30-40 menit.
di lokasi tersebut lah ada sebuah sungai yang diapit oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi sehingga menciptakan pemandangan yang sangat eksotis dan hampir persis, dengan pemandangan Grand Canyon di Amerika.

Untuk dapat menyusuri tepi Sungai Cijulang dengan tebing tinggi, Anda dapat menyewa perahu yang tersedia disekitar objek wisata dengan biaya sewa sebesar Rp75.000 – yang dapat diisi oleh lima penumpang. Tarif ini berlaku selama 45 menit arung jeram sungai. Jika Anda ingin menjelajahi lebih jauh ke hulu sungai, Anda harus membayar biaya tambahan untuk tukang perahu, dan jumlah biaya tersebut sesuai dengan perjanjian.

Bagi Anda yang ingin berenang menyusuri lorong batu Green Canyon Indonesia yang unik dan merasakan sensasi hujan terus-menerus atau percikan air terjun Palatar, Anda dapat menyewa pelampung yang disediakan oleh kru. Untuk satu tuduhan pelampung dikenakan tarif sekitar Rp5.000, -.

Dermaga Ciseureuh adalah fasilitas utama yang telah dibangun di tempat ini. Tidak hanya berfungsi sebagai dermaga tempat kapal berlabuh, di tempat ini tersedia juga berbagai fasilitas, mulai dari mushola, taman bermain, toilet umum, restoran, dan berbagai toko yang menjual souvenir dan makanan. Karena lokasinya dekat dengan tempat-tempat Batu Karas, Pangandaran, Cagar Alam Sungai Citumang, dan berbagai atraksi lainnya, maka Anda tidak perlu khawatir jika hendak menginap, karena di sekitar Obyek wisata ini ada banyak hotel dan penginapan yang dapat Anda sewa di Green Canyon Indonesia.

sumber

0 komentar:

Posting Komentar

terimakasih atas kunjungan nyah....silahkan tinggalkan komentar jika anda berkenan...