Home » » Mesjid terbesar dan termegah di dunia

Mesjid terbesar dan termegah di dunia

mau tau 10 mesjid terbesar dan termegah di dunia

1. Masjid al-Haram
webunic.blogspot.com-Masjidil+Haram+di+M

Masjid Al-Haram adalah kiblat dari sholat, setiap tahun masjid ini didatangi oleh jutaan orang dari seluruh dunia untuk melaksanakan rukun islam yang kelima, yaitu hati. Masjid Al-Haram ada di Mekkah, Arab saudi. Jika disetiap masjid kalau sholat kita harus menghadap kiblat di masjid ini orang sholat tinggal mengelilingi ka'bah. Karena ka'bah adalah pusat dari semua masjid didunia.

2. Masjid al-Nabawi
masjid-nabawi-300x225.jpg

Masjid Nabawi adalah masjid kedua yang dibangun oleh Rasulullah saw., setelah Masjid Quba yang didirikan dalam perjalanan hijrah beliau dari Mekkah ke Madinah. Masjid Nabawi dibangun sejak saat-saat pertama Rasulullah saw.tiba di Madinah, yalah di tempat unta tunggangan Nabi saw. menghentikan perjalanannya. Lokasi itu kembali adalah tempat penjemuran kurma milik anak yatim dua bersaudara Sahl dan Suhail bin 'Amr, yang kemudian dibeli oleh Rasulullah saw. untuk dikembangkan masjid dan tempat kediaman beliau. Masjid Nabawi kini dapat menampung sekitar 535.000 jamaah.

3. Masjid Hassan II
Masjid-Hassan-II-300x240.jpg

Masjid Hassan II merupakan nama masjid yang terletak di Casablanca, Maroko. Masjid ini mulai dibangun tahun 1980, didesain oleh arsitek berkebangsaan Perancis Michel Pinseau dan dibangun oleh Bouygues. Masjid ini disebut-sebut sebagai yang terbesar kedua di dunia setelah Masjidil Haram di Kota Mekkah. Masjid ini memiliki Minaret yang paling tinggi di dunia dengan ketinggian 210 meter (689 kaki) dan memiliki kapasitas 25.000 orang. "Aku ingin membangun masjid ini pada air, sebab singgasana Tuhan berada di atas air. Sehingga orang yang beriman akan mendatanginya untuk shalat dan memuji Sang Pencipta sembari merenungkan langit dan lautan yang diciptakan-Nya, "titah Raja Hasan II.

4. Masjid Sheikh Zayed Bin Sultan Al Nahyan
Masjid-Sheikh-Zayed-Bin-Sultan-Al-Nahyan

Masjid Agung yang terkenal disini bernama Masjid Sheikh Zayed Bin Sultan Al Nahyan, sebuah bangunan megah berkubah 82 dibangun di Abu Dhabi oleh ayah dari UEA sendiri, dan kubah utama masjid dibuka pada tahun 2007.Masjid ini berdiameter 32,8 meter dengan ketinggian 85 meter, sehingga menjadikannya salah satu yang terbesar di dunia. Ruang sholat utama memegang rekor dunia dua, satu untuk menampilkan karpet buatan tangan terbesar di dunia dan yang lainnya untuk memiliki lampu terbesar di dunia. Sheikh Zayed meninggal pada tahun 2004 dan makam nya di halaman masjid. Lihatlah gambar di atas, dan katakan bagian mana yang tidak mengagumkan dari masjid ini?

5. Masjid Imam
Masjid-Imam-300x225.jpg

Masjid terhubung melalui sebuah gang yang membentuk sebuah altar yang indah. Masjid ini dikelilingi oleh empat iwans masing-masing di tengah empat arcade. Para iwan menghadap kiblat, (arah ke Mekah), adalah yang terbesar dan paling mengesankan yang juga berisi ubin biru yang ditinggikan, kubah berlapis ganda. Dinding masjid yang dilapisi dengan inskripsi 7 warna mosaik dan kaligrafi yang tampaknya tanda tangan yang rumit dan menyilaukan. Sifat akustik yang luar biasa dan refleksi bawah kubah besar harus dicatat. Masjid Imam adalah arsitektur terbaik Persia.

6. Masjid Jame Asr Hassanal Bolkiah
Bolkiah1-300x200.jpg

Masjid Jame Asr Hassanal Bolkiah merupakan wakaf Ke Bawah Duli Yang Maha Mulia Paduka Seri Baginda Sultan Haji Hassanal Bolkiah Muizzadin Wadaullah, Sultan Brunei yang ke-29. Masjid ini terletak di desa kiarong 4 km dari Bandar Lampung. Mulai di bangun pada tahun 1988 di atas tanah seluas 20. Masjid ini mulai resmi di gunakan pada malam jum'at bertepatan dengan hari ulang tahun Sultan Brunei yang ke-48, pada tanggal 15 juli 1994. Kapasitas mesjid ini dapat menampung lebih dari 5000 orang jama'ah. Masjid ini juga di lengkapi beberapa fasilitas penunjang seperti ruang perpustaka'an, ruang pentakbiran dan lain-lain.

7. Masjid Faisal
Masjid-Faisal-300x208.jpg

Masjid Faisal ditetapkan sebagai Masjid Nasional Pakistan. Tidak seperti masjid di Asia pada umumnya, Masjid Faisal tidak memiliki kubah maupun arca. Bentuknya yang tidak biasa, terinspirasi dari tenda yang didirikan salah satu suku Arab, Bedouin. Ruang salat utama berbentuk seperti segitiga besar dan menara dibuat meruncing ke atas. Sedikit dipengaruhi oleh gaya bangunan Turki, Masjid Faisal termasuk salah satu gambaran masjid dengan desain arsitektur kontemporer. Namanya diambil dari nama Raja Faisal bin Abdul - akhir Aziz dari Arab Saudi yang telah mendukung dan mendanai pembangunan masjid ini.

8. Masjid Badshahi
Badshahi-Mosque-pakistan-300x164.jpg

Masjid Badshahi, yang dibangun pada tahun 1673 terletak di kawasan Asia Selatan, Lahore. Masjid megah ini mampu menampung sekitar 200.000 jamaah di ruang shalat utama dan di serambi itu hingga kini masih berdiri kokoh dan indah. Masjid yang berarsitektur mirip Masjid Jami di New Delhi, India, ini menjadi UNESCO World Heritage Site sebagai salah satu tempat bersejarah di Lahore. Masjid yang memiliki arti "Masjid Kaisar" itu tidak pernah kehilangan pesonanya, menjadi salah satu obyek wisata budaya favorit bagi warga setempat, dan bagaikan magnet terus menyedot ratusan wisatawan dari berbagai negara.

9. Masjid Istiqlal
Masjid-Istiqlal-300x225.jpg

Masjid ini adalah masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid ini diprakarsai oleh Presiden Republik Indonesia saat itu, Ir. Sukarno di mana pemancangan batu pertama, sebagai tanda dimulainya pembangunan Masjid Istiqlal dilakukan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 24 Agustus 1951. Arsitek Masjid Istiqlal adalah Frederich Silaban. Selain digunakan sebagai aktivitas ibadah umat Islam, masjid ini juga digunakan sebagai kantor Majelis Ulama Indonesia, aktivitas sosial, dan kegiatan umum. Masjid ini juga menjadi salah satu daya tarik wisata yang terkenal di Jakarta. Kebanyakan wisatawan yang berkunjung umumnya wisatawan domestik, dan sebagian wisatawan asing yang beragama Islam.Tidak diketahui apakah umat non-Islam dapat berkunjung ke masjid ini.

10. Masjid Sultan Ahmet
Masjid-Sultan-Ahmet-300x196.jpg

Masjid ini dikenal dengan nama Masjid Biru karena warna cat interiornya didominasi warna biru. Akan tetapi cat biru tersebut bukan merupakan bagian dari dekor asli masjid, maka cat tersebut dihilangkan. Sekarang, interior masjid ini tidak terlihat berwarna biru. Arsitek Masjid Sultan Ahmed, Sedefhar Mehmet Aga, diberi mandat untuk tidak perlu berhemat biaya dalam penciptaan tempat ibadah umat Islam yang besar dan indah ini. Struktur dasar bangunan ini hampir berbentuk kubus, berukuran 53 kali 51 meter. Seperti halnya di semua masjid, masjid ini diarahkan sedemikian rupa sehingga orang yang melakukan Salat menghadap ke Makkah, dengan mihrab berada di depan.

sumber

0 komentar:

Posting Komentar

terimakasih atas kunjungan nyah....silahkan tinggalkan komentar jika anda berkenan...