Home » » Hewan Langka Indonesia yang harus di lestarikan

Hewan Langka Indonesia yang harus di lestarikan

binatang langka yang ada di indonesia ,sungguh di sayangkan Hewan-hewan ini populasinya terus menurun, bahkan terancam punah, dibutuhkan kesadaran kita semua untuk mau menjaga dan melestarikan kelangsungan hidup mereka jangan sampai punah, masa anak cucu kita nanti tidak tau bentuh hewan asli negrinya sendiri. .

Orang Utan (Pongo Pygmaeus)
Orang+Utan.jpg

Hewan ini banyak dijumpai di hutan hujan tropis dan dataran rendah terutama di derah Kalimantan. Masih termasuk ke dalam jenis kera, namun orang utan memliki rambut di tubuh yang begitu panjang jika di banding dengan kera pada umumnya. Makanan utama hewan ini adalah buah-buahan. Sudah lama orang utan dimasukan kedalam kelompok hewan langka karena populasinya yang semakin sedikit akibat dari perburuan liar dan penebangan hutan ilegal.

Babirusa (babyrousa babyrussa)
hewan+langka.JPG

Ciri hewan langka yang satu ini adalah gigi taringnya yang mencuat keatas dan berfungsi sebagai tameng yang melindungi matanya dari tusukan duri atau ranting pohon ketika sedang mencari makanan yang biasanya berupa buah-buahan, jamur, tumbuhan dan daun-daunan. Habitat Babirusa banyak terdapat di daerah Sulawesi, kepulauan Maluku dan sekitarnya.

Burung Elang Jawa (Spizaetus Bartelsi)
hewan+langka2.jpg

Diperkirakan populasi hewan yang gagah ini hanya tinggal 250 ekor. Habitatnya tersebar di berbagai hutan di Pulau Jawa, seperti hutan di gunung Slamet, gunung Kawi, gunung Anjasmoro, taman nasional Alas Purwo, taman nasional muara betiri dan taman nasional gede pangrango.

Anoa (Bubalus Depressicornis)
hewan+langka3.jpg

Anoa adalah hewan asli Sulawesi. Ciri- ciri fisik hewan langka satu ini hampir mirip dengan kambing, namun Anoa memiliki tubuh lebih besar, disamping memiliki tanduk runcing yang bisa mencapai panjang 30 cm di atas kepalanya. Anoa juga termasuk mamalia yang memilki kuku genap.

Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae)
hewan+langka4.jpg

Harimau ini hanya ada di pulau Sumatera, terutama di daerah Jambi. Perburuan liar dan penebangan hutan secara membabi buta di duga sebagai faktor utama merosotnya populasi hewan ini. Saat ini diperkiraan jumlah seluruh harimau Sumatera yang masih hidup tidak lebih dari 500 ekor.

Ikan Belida (Notopetrus Chitala)
hewan+langka5.jpg

Habitat asli ikan ini ada di perairan wilayah Jawa dan Kalimantan. Semakin hari populasi ikan Belida semakin menurun, iapun tergolong kedalam hewan langka. Ciri-ciri fisik ikan ini, bentuk tubuhnya seperti pisau, panjangnya bisa mencapai 87,5 cm, dan berat tubuh mencapai 1 kg. Lumayan besar untuk ukuran ikan air tawar. Makanan ikan ini adalah ikan-ikan kecil dan udang.

Singapuar (Tarsius Bancanus)
hewan+langka6.jpg

Habitat asli hewan langka ini ada di Kepualau Riau, Sumatera bagian selatan dan tenggara, juga di kepulauan Kalimantan. Dengan panjang tubuh hanya 12-15 cm dan berat antara 80 – 140 gram, Singapuar di juluki sebagai primata terkecil di dunia. Aktifitas hewan ini pada malam hari. Sepasang bola matanya yang besar, melebihi dari volume otaknya, hanya bisa di pakai pada malam hari saja.

Musang Congkok (Prionodon Linsang)
hewan+langka7.jpg

Hewan yang juga tergolong langka ini hanya dapat di temukan di wilayah pegunungan Aceh dan sumatera Barat. Tubuhnya tergolong kecil, dengan panjang sekitar 70 cm dan berat mencapai 5 kg. Tapi hewan ini sangat gesit dalam memanjat pohon ketika mencari makanan kegemarannya, yakni berbagai jenis serangga dan mamalia kecil.

Badak Bercula Satu (Rhinoceras Sundaicus)
hewan+langka8.jpg

Hewan ini sudah sangat langka, hanya di temukan di hutan Ujung Kulon dalam jumlah yang diperkirakan tidak lebih dari 50 ekor. Hewan ini termasuk herbivora atau pemakan tumbuh-tumbuhan. Badak bercula satu merupakan hewan langka yang sudah menjadi ciri khas Indonesia.

Badak Bercula Dua (Dicerorhinus Sumatrensis)
hewan+langka9.jpg

Hampir sama dengan badak bercula satu, hanya saja badak ini mempunyai cula berjumlah dua. Hewan langka ini hanya di temukan di wilayah Sumatera.

semoga dengan lebih mengenal nama hewan langka indonesia ,kita bisa lebih menjaga habitat dan melestarikan nyah. .

sumber

7 komentar:

  1. .. kebun binatang sekarang kayak nya kurank peminat nya ya?!? pdhl dulu tuch rame banget loch. kira^ kenapa ya?!? ..

    BalasHapus
  2. gak tau tu mbak orang orang udah pada gak pduli ama lingkngan x ya.he. .

    BalasHapus
  3. buset, ikan belida udah langka bos? Kenapa ga pada budidaya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin pada seneng ama ikan cupang kali ya bos ckckck

      Hapus
  4. wah anoa. saya malah baru tau kalau indonesia punya binatang itu..
    sudah langka lg hehe apes banget gua hahaha makasih iinfonya sobat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. he. . . Tkp saya mlah udah tak ada satu pun satwa di atas he. .

      Hapus

terimakasih atas kunjungan nyah....silahkan tinggalkan komentar jika anda berkenan...