Home » » Danau danau unik di indonesia

Danau danau unik di indonesia

kekayaan alam indonesia memang sangat beragam. ,ada tempat tempat yang tidak ada di tempat lain ,
salah satu nya danau danau unik di indonesia

danaukakaban.jpg
1.Danau Kakaban

Danau Kakaban terletak di tengah Pulau Kakaban, Berau, Kalimantan Timur. Danau ini merupakan danau prasejarah dengan air laut yang terperangkap di dalamnya sejak 2 juta tahun silam. Danau Kakaban sangat unik karena merupakan danau air payau dengan biota yang mengalami evolusi selama puluhan ribu tahun sehingga memiliki sifat dan tampilan fisik yang berbeda dengan spesies sejenisnya di laut. Di dalam Danau Kakaban tersebut terdapat ratusan ubur-ubur yang tidak menyengat. Selain itu terdapat berbagai jenis hewan yang hanya terdapat di danau itu.

danaulabuancermin.jpg
2.Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin, terletak di Desa Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Danau ini sangat unik karena merupakan campuran antara danau air tawar dan air asin. Danau ini di permukannya merupakan air tawar sementara di dasarnya terdapat aliran air asin. Anehnya, kedua jenis air ini tidak tercampur. Adanya dua jenis air di danau ini membuat kita bisa menemukan Ikan air tawar yang hidup di permukaan sedangkan di bagian bawahnya ada ikan-ikan yang sering di jumpai di laut. Danau ini diberi nama Labuan Cermin karena airnya jernih sekali sehingga kita bisa bercermin di atasnya.

danaukelimutu.jpg
3.Danau Kelimutu

Danau Kelimutu teletak di puncak Taman Nasional Kelimutu,Pulau Flores, Provinsi NTT. Danau Kelimutu ini terdiri dari 3 danau yang masing-masing punya warna yang berbeda-beda. Danau Kelimutu merupakan satu-satunya danau di dunia yang airnya dapat berubah sendiri warnanya setiap saat. Terkadang air danau Kelimutu berubah jadi cokelat, kehitaman, hingga kekuningan.

danaumerahpagaralam.JPG

4.Danau Merah Pagaralam

Danau merah terletak di sekitar perbukitan Raje Mandare perbatasan antara Kota Pagaralam dan Kaur, Provinsi Bengkulu. Keunikan danau ini karena permukaan air berwarna merah seperti darah. Anehnya, meskipun dilihat dari permukaan berwarna merah, tapi ketika air diambil menggunakan tangan dan diangkat ke permukaan, justru warnanya bening seperti biasa.

danausatonda.jpg
5.Danau Satonda

Danau Satonda terletak di tengah pulau Satonda, Dompu, NTB. Danau ini mempunyai keunikan karena kadar garam air danau ini lebih tinggi dari pada kadar garam air laut. Danau ini juga unik karena memiliki lingkungan yang menyerupai lautan purba ditandai dengan adanya stromatolit di Satonda. Stromalit merupakan bakteri yang hidup dalam lingkungan ekstrem yang muncul pada Zaman Kambrium. Danau satonda menjadi satu-satunya tempat di bumi ini yang sempurna bagi stromatolit ini untuk berkembang pada masa ini.

sumber

6 komentar:

  1. . . kawan,, tolonk donk tulisan yg berputar^ di kursor itu di hilangin. cz sulit banget nich kalo aq mau klik. huhh. maav . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. trima kash mbak vpie laporan nya. Script nya skrang dah aku hapus.

      Hapus
  2. . . maav ya?!? cz aq udah complain. he..86x. lebih baek diganti aja cursornya yg lebih bagus, daripada diberi tulisan berputar^ itu . .

    BalasHapus
  3. gak papa mksh mbak vpie. . Ajarin ath ganti kursor nya wkwkwk

    BalasHapus
  4. . . mas sich situ gak tau?!? ach,, mulae dech. he..86x . .

    BalasHapus
  5. hehehe. .betul mbak vpie . .. .

    BalasHapus

terimakasih atas kunjungan nyah....silahkan tinggalkan komentar jika anda berkenan...