Home » » 5 sungai terpanjang di indonesia

5 sungai terpanjang di indonesia

ampera-21.jpg

Secara sederhana sungai diartikan sebagai jalan air alami dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah,yang pada akhirnya akan bermuara ke samudera dan airnya, akan menyatu dengan air laut. Di dunia ini, ada ribuan sungai yang tersebar dari Negara yang satu ke Negara lainnya Adapun Indonesia, sebagai Negara kepulauan, juga memiliki banyak sungai,
berikut merupakan 5 sungai di terpanjang Indonesia

1. Sungai Kapuas
SUNGAI%2BKAPUAS1.jpg
Sungai yang satu ini berada di Provinsi Kalimantan Timur. Ia dicatatkan sebagai sungai terpanjang di antara sungai di Indonesia lainnya. Mau tahu berapa panjangnya si Kapuas ini? Sekitar 1.178 kilometer! Ukuran tersebut termasuk fantastis. Sungai Kapuas ini dimulai dari mata air yang berada di Pegunungan Muller. Pada akhirnya ia bermuara di Selat Karimata.

2. Sungai Mahakam
sungai-mahakam.JPG
Sungai yang satu ini terletak di Pulau Kalimantan, tepatnya pada bagian Timur. Ia menduduki posisi kedua sebagai sungai terpanjang di nusantara. Rekor yang diperoleh Mahakam adalah 920 kilometer. Sungai ini dianggap vital bagi penduduk sekitar sebab ia merupakan sumber pengairan, perikanan dan juga sarana trasnportasi.

3. Sungai Barito
Sungai+Barito.jpg
Sungai yang satu ini terletak di Kalimantan Tengah. Sungai Barito merupakan salah satu sungai di Indonesia yang cukup penting. Sungai ini dikenal dalam beberapa nama antara lain Sungai Cina dan Sungai Banjar. Sungai Barito ini dimulai dari mata air di Pegunungan Muller dan berakhir di Laut Jawa.

4. Sungai Batanghari
Sungai+Batanghari.jpg
Sungai yang satu ini terletak di Pulau Sumatera. Ia memiliki panjang yang mencapai 800 kilometer. Sungai apik ini melintasi Provinsi Sumatera Barat dan juga Jambi. Ia bermula dari mata air di Gunung Rasan dan bermuara di Laut Cina Selatan. Sungai Batanghari dikenal sebagai sungai yang bersejarah sebab menjadi saksi bisu kejayaan kerajaan Sriwijaya.

5. Sungai Musi
sungai-musi-dengan-jembatan-amperanya.jp
Sungai di Indonesia yang satu ini merupakan ikon dari Kota Palembang. Musi menempati urutan ke lima sunga terpanjang di Indonesia. Adapun panjang Sungai Musi adalah 750 kilometer. Ia bermula dari mata air di Kepahiang dan bermuara di Selat Bangka.

Demikian 5 sungai terpanjang di Indonesia yang di kutif dari belajarilmugeografi
. Selain kelima sungai ini, Indonesia juga masih mempunyai beberapa sungai penting lainnya semacam Sungai Bengawan Solo, Sungai Kahayan, Sungai Indragiri, Sungai Digul ,dll

1 komentar:

  1. Anda Hobby Main Judi Bola Online ???
    Tapi Bingung Memilih Agen Bola Terpercaya yang cocok...


    Tunggu Apa lagi segera bergabung bersama kami... Di 3Bola.com
    Berapapun kemenangan anda pasti di bayar....

    Untuk Info Lebih Lanjut Melakukan Deposit, Withdraw, Register Dengan Super Cepat Dan Tentunya Memuaskan.

    * Bbm : d1e0796e
    * Whatsapp : +855964070813
    * YM : cs.3bola

    BalasHapus

terimakasih atas kunjungan nyah....silahkan tinggalkan komentar jika anda berkenan...